Our Mother

Assalamualaikum wr.wb.

Hehe, dua posting dalam sehari.

Para penonton Heroes mungkin keinget salah satu judul Heroes pas baca judul ini. Yep, it’s supposed to be Our Father. Iya emang ngekor itu sih, tapi beda kooo :p

Yaap, jadi mau cerita tentang ibu saya yang baru saja belajar pake internet sama saya. Waduh, saya gak sabaran banget deh ngajarin beliau. Tapi seru juga. Kayaknya bikin e-mail aja kok susaaaaaaah banget (padahal saya dulu pas SD juga diajarin ayah, sih). Tapi setidaknya kan saya bisa baca e-mail sendiri😀

Ternyata susah ya ngajarin Ibu yang gaptek. Kalau masalah nyalain komputer dan ngetik pakai Ms Word atau Ms Excel beliau sudah bisa dari dulu, tapi internet memang gak pernah dipake. Dan omong-omong, kenapa tiba-tiba Ibu saya mau belajar internet??

Ya, ini semua dimulai dari rencana Reuni Akbar 2010 SMAN 78 (dulu SMPP 35). Kebetulan –em, bukan kebetulan sebenernya, tapi sengaja– saya, ibu saya, dan adik-adik beliau itu alumni dari SMA ini. Hehe. Waktu itu ibu saya ditunjuk jadi wakil angkatan beliau, 1984, tapi batal ditunjuk karena beliau ga bisa pake internet, yang merupakan media komunikasi paling mantap selain hp. Secara ada facebook dan milis. Mulai deh ibu saya membujuk saya buat mengajari beliau internetan. Karena waktu itu masih libur, saya pun mulai mengajari beliau. Dan saya menemukan bahwa saya adalah orang yang gak sabaran juga :p

Pertama belajar bikin e-mail. Waduh, kalo saya mah tinggal isi-isi aja, beliau tanya-tanya dulu. Ini isinya apa? Artinya apa? Padahal kan ibu juga bisa bahasa Inggris, ya, tapi tetep aja nanya. Lalu yang Captcha di halaman bawah, beliau nanya ini buat apa. Saya bilang itu biar ngga ada spam yang masuk, terus ditanya lagi, spam itu apa? Huaaa banyak sekali pertanyaan. Susah juga ya menjelaskannya.

Selesai bikin e-mail, beliau minta diajarin masuk milis alumni SMA beliau. Sebenernya udah lama saya ikut milis itu dan dianggap ibu saya, tapi selama ini pasif aja di milis itu. Paling-paling kasih tau ibu kalau ada berita, tapi banyakan chattingnya deh.

Tambah seru deh ngajarin masuk milis. “Ini apa, Kak? Email digest? Bagusnya milih yang mana? Dsb dsb. Ternyata ada beberapa banyak hal juga yang belum terlalu saya mengerti. Saya sih berusaha jawab sebisa dan sesabar saya. Pokoknya seru. Alhasil tiap pulang ke rumah, saya dibanjiri pertanyaan-pertanyaan tentang internet dan diberi mandat buat nemenin beliau berinternet.

Pernah suatu waktu di kosan, saya ditelpon beliau. Yaa layaknya anak kos, kalau ditelpon tentu mikir kalau saya lagi dikangenin *geer banget. Ternyata oh ternyata, setelah bertanya apa kabar saya dan sebagainya ibu saya bertanya, “Kok internetnya ga bisa dibuka?” Jedeeeeng, kirain. Saat itu internet di rumah memang lagi ga bisa dipake. Yasudah, gagal deh usaha ibunda tercinta buat buka e-mail dan membalas e-mail sendirian saat itu.

Jadi ga enak plus malu yah, padahal dulu kan beliau yang sabaaaaaaaaar banget ngajarin saya jalan ngomong dsb. Belum lagi baca tulis ngaji hitung (walaupun pake bantuan sekolah dan les sih). Harus gantian kita yang ngajarin dong ya.

Lucu juga sebenernya ngeliat ibu belajar berinternet. Alhamdulillah sekarang kayaknya udah bisa, kemaren udah mulai nanya-nanya alamat email lewat sms. Padahal kan ada adek saya di rumah ya, tapi kok saya yang disms. Ckckck.

Lesson to learn: Ngajarin orang itu susah, harus penuh kesabaran!😀

Wassalamualaikum wr wb.

3 thoughts on “Our Mother

  1. yaolooo min, nyokap lo gaul jugaa.. hehehee..

    bonyok gw mah boro2 tau gituan, makanya gw jadi gaptek gini, untung ada kakak gw yg anak IT, hihihii…

  2. iya tuh, ibuku lagi mulai rajin ngenet. sekarang juga udah punya facebook, menyusul jejak sang ayah. heheeuu tapi blm jadi friend juga di situ, hahah.

    gaptek de? masa kalah si sama si aa? :p

  3. ngajarin orang tua emang harus sabar! nyokap gue juga gitu! dari diajarin bikin email, FB, dll.. tapi kalo lagi pas ketemu online bareng,tetep aja nanya ini-itu yang padahal udah pernah ditanya. hhh.. gue mah kga sabaran. emosi deh yang ada.. hahahaha (ciri anak durhaka!)

    hahaha bner banget ken! waduh senangnya ada yang senasib. haha, ga sabaran, udah gitu masa di sms juga nanya2. seneng juga sih tapinya🙂

Leave a Reply

